19.10.10

Sedimentasi-I


Sedimentasi adalah pemisahan padat-cair yang memanfaatkan gravitasi untuk membuang suspensi padat yang digunakan pada pengolahan air dan limbah cair. Suspensi padat ini, atau partikel, penting untuk dibuang dari air untuk beberapa alasan. Beberapa alasan diantaranya meliputi : alasan keamanan dan estetika, penyebaran penyakit, dan terakhir karena adanya bahan beracun yang ada sebagai partikel atau dapat diserap oleh partikel.
Ada empat tipe umum atau kelas dari pengendapan partikel berdasarkan konsentrasi dari partikel yang berinteraksi. Kriteria ini secara langsung mempengaruhi desain dan konstruksi dari sedimentasi. Empat tipe pengendapan adalah : discret, flokulan, hindred, dan kompresi. Masing-masing terjadi baik di pengolah air maupun limbah cair. Pengendapan discrete membutuhkan konsentrasi padatan tersuspensi paling rendah dan analisisnya paling sederhana. Pada pengendapan discrete, setiap partikel mengendap dengan bebas dan tidak terganggu dengan pengendapan partikel lain yang terjadi. Satu aplikasi dari pengendapan discrete adalah grit chamber. Jenis kedua dari pengendapan adalah flokulan. Hal ini terjadi dimana konsentrasi partikel cukup tinggi sehingga terjadi tumpukan. Kenaikan massa partikel rata-rata ini menyebabkan partikel jatuh lebih cepat. Pengendapa flokulasi digunakan pada clarifier itama dan zona bagian atas dari clarifier kedua. Tipe ketiga dari pengendapan partikel disebut hindered. Pada hindered, atau zona pengendapan, konsentrasi partikel sedang sehingga partikel terganggu dengan pengendapan partikel lainnya dan akhirnya jatuh bersama. Pengendapan hindered utamanya digunakan pada clarifier kedua. Jenis terakhir pengendapan adalah kompresi. Pengendapan kompresi memilki konsentrasi partikel tersuspensi paling tinggi dan terjadi pada daerah yang lebih rendah pada clarifier. Pengendapan partikel dengan memampatkan massa partikel-partikel bagian bawah. Kompresi terjadi tidak hanya pada zona lebih rendah dari clarifier kedua tapi juga pada tangki pengentalan lumpur (sludge thickening tanks).
http://www.cee.vt.edu/ewr/environmental/teach/wtprimer/sedimen/sedimen.html

1 comments:

Menjual berbagai macam jenis Chemical untuk cooling tower chiller dan waste water treatment ,STP, nutrisi, bakteri dll untuk info lebih lanjut tentang produk ini bisa menghubungi saya di(081310849918) email tommy.transcal@gmail.com

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More