27.10.10

Media Pemanas dan Pendingin-bagian V

Paratherm NF
- Paratherm NF-grade makanan, fluida transfer panas yang berdasarkan mineral-oil dan didesain untuk memperluas layanan bebas masalah dalam sistem liquid fase dengan loop tertutup sampai 600oF dalam heater berbahan bakar fuel dan 630oF dalam heater imersi elektrik.
- Paratherm NF sangat efisien, stabil secara thermal dan efektif dalam biaya. Sepenuhnya tidak beracun, luar biasa aman untuk digunakan dan mudah untuk diatur. Fluida digunakan dapat secara aman dikombinasikan dengan spent lubricating oil dan direcycle secara lokal. Fluida NF dispesifikasikan dalam berbagai jenis aplikasi. Paratherm NF kuat dan tahan lama dengan riwayat terbukti sukses di bawah kondisi tuntutan, selain itu mudah dan aman untuk dirawat.


- Aplikasi termasuk :
o Reaktor kimia
o Proses makanan
o Portable electric temperature control unit
o Electric heater

Paratherm GLT
- Paratherm GLT adalah fluida transfer panas berdasarkan aromatik teralkilasi yang diformulasikan untuk fase liquid dengan loop tertutup sistem pemanas sampai 550oC menggunakan heater berapi dan sampai 575oF pada sistem recovery panas buangan.
- Aplikasi meliputi :
o Proses gas
o Liquid terminal tank heating
o Asphalt plants
o Produksi plastik
UCON
- Fluida UCON memiliki karakteristik transfer panas lebih baik dibandingkan petroleum oil dalam perbandingan viskositasnya. UCON memiliki stabilitas panas dan oksidasi yang sempurna, dan secara luas digunakan dalam sistem transfer panas terbuka. Fluida UCON memiliki titik flash dan titik api yang tinggi, ketika digunakan dengan baik, memiliki kecenderungan untuk membentuk lumpur, karbonisasi, dan kesalagan permukaan transfer panas. UCON memiliki konduktivitas thermal lebih tinggi dibandingkan dengan petroleum oi dan tidak mengandung PCB.
- Aplikasi meliputi :
o Heat treating
o Proses plastik
o Proses elastomer
o Proses pembuatan benang
- Proses transfer panas cepat dan seragam dan digunakan dalam open bath sampai suhu 204oC.
- Bersifat larut dalam air, ganya sedikit penambahan air yang dibutuhkan untuk membuang fludida residu dari bagian atau zat proses yang lain.

SENYAWA PEMANAS DAN PENDINGIN
Berikut ini adalah senyawa sintetis yang dapat berfungsi sebagai media pemanas dan media pendingin
Paratherm MG
- Fluida tunggal pemanasan/pendinginan- Grade Makanan, fluida transfer panas berdasarkan hidrokarbon alifatik diformulasikan untuk penggunaan dalam sistem transfer panas fase liquid dalam loop tertutup sampai 550oF pada heater berapi, dan sampai 580oF pada heater full konveksi dan unit imersi elektrik.
- Grade makanan (NSF tersertifikasi) fluida tunggal pemanasan/pendinginan dari 36°F to 550°F. Menghilangkan masalah desain dan pemeliharaan yang disebabkan oleh temperatur kontrol sistem steam/chilled water.
- Temperatur start-up cepat rendah.
- Aplikasi meliputi :
o Reaktor batch kimia
o Proses kimia kontinu dengan multiple loop
o Proses plasti
o Proses makanan
o Pabrik gas
o Switch Condenser
HITEC
- HITEC adalah fluida transfer panas yang digunakan antara steam dan pemanasan dengan api secara langsung, dengan operasi pada temperatur tinggi, digunakan dalam proses kimia dan petroleum, dan merupakan media transfer panas yang efisien dan ekonomis.
- HITEC yang baru disiapkan adalah padatan putih dan granular, dan ketika meleleh berwarna kuning pucat. HITEC adalah campuran eutektik dari water-soluble, garam anorganik potasium nitrat, sodium nitrit dan sodium nitrat. HITEC adalah media transfer panas untuk proses pemanasan dan pendinginan antara 300-1100oF (149-538oC) yang digunakan dalam proses operasi seperti :
o Pemeliharaan temperatur reaktor
o Distilasi dengan temperatur tinggi
o Reaktan preheating
o Rubber curing
o Rotational molding
- HITEC digunakan karena memiliki titik leleh yang rendah (288oF, 142oC), koefisien transfer panasnya tinggi, mempunyai kestabilan thermal, dan harganya rendah. HITEC bersifat non-fouling – biasanya dikenal merusak kebanyakan media transfer panas organik. HITEC bersifat nonflammable, non-eksplosif, dan dikembangkan tidak memiliki racun uap dibawah kondisi pemakaian yang direkomendasikan.
- HITEC memberikan biaya investasi dan operasi yang minimum, dapat digunakan pada tekanan atmosferik dimana menghilangkan kebutuhan peralatan bertekanan tinggi yang mahal. HITEC memiliki derajat korosifitas yang rendah ke arah zat konstruksi yang umum.
- Karena koefisien transfer panas dan kapasitas panasnya yang tinggi, ukuran peralatan dan luas permukaan transfer panas dapat diminimumkan. Pemeliharaan dan biaya tenaga untuk sirkulasi garam adalah rendah.
- Sifat khusus :
o Freezing point : 288°F (142°C).
o Viscosity : 300-820°F (149-438°C)
o Electrical Resistivity : 1.7 Ω•cm
o Thermal Stability :
 Transfer panas sangat stabil, tanpa kontaminan, campuran garam memberikan pelayanan sempurna pada beberapa tahun pada temperatur lebih dari 850°F (454°C).
o Densitas : dapat dilihat dalam gambar
o Thermal Conductivity : dapat dilihat dalam gambar
o Thermal expansion :
 Solid : 2.85 x 10-5/F (5.13 x 10-5/C)g.
 Liquid : 2.016 x 10-4/F (3.629 x 10-4/C)h.
o Specific heat : 0.32 cal/g•C (Btu/lb•F) untuk solid
o Latent heat of fusion : 20 cal/g (35 Btu/lb).
U-TEC-TIC
- U-TEC-TIC adalah media transfer panas yang terutama digunakan dalam pemanasan dan pendinginan pada sistem yang beroperasi antara 150° - 540°C (300° - 1000°F).
- Aplikasi meliputi :
o Rubber curing
o Rotational molding
o Pre-heating of reactant material
o High temperature distillation
- U-TEC-TIC beroperasi pada tekanan atmosferis dimana menghilangkan kebutuhan terhadap peralatan proses yang mahal. U-TEC-TIC tidak eksplosif, non-flammable dan non-fouling ketika digunakan dibawah kondisi yang direkomendasikan. Pemeliharaan yang mahan dan biaya tenaga dapat diminimalisasi dalam sistem yang menggunakan U-TEC-TIC. U-TEC-TIC berkelakuan seperti fluida norma dan pada korelasi standar digunakan dalam desain peralatan heat-exchange.
- Komposisi dan Karakteristik :
U-TEC-TIC adalah campuran garam anorganik yang larut dalam air.
o Potassium Nitrate 53%
o Sodium Nitrite 40%
o Sodium Nitrate 7%
- Stabilitas Thermal : sempurna
- Transfer co-efficient : sempurna
- Liquification point and stability : U-TEC-TIC mudah meleleh menggunakan steam secara langsung atau dengan coil atau perlatan steam berjaket dengan tekanan serendah 60 psig.
- U-TEC-TIC dapat memberikan pelayanan dalam beberapa tahun jika range operasi ditentukan 142° to 450°C (288° to 850°F).
- Thermal dekomposisi terjadi pada range 450° to 540° C (850° -1000°F) ketika digunakan dalam sistem tertutup.
- Koefisien ekpansi thermal linier : 5.13 x 10-5/°C
- Electrical resistivity : 1.7 Ω • cm untuk liquid
- Efficiency : sangat efisien jika dibandingkan dengan udara panas pada tekanan 3 atm.
- Specific heat :
o Solid : 0.32 cal/g.°C
o Liquid : 0.37 cal/g.°C
- Latent heat of fusion : 20 cal/g. (35 BTU/lb.)
(www.hummelcroton.com)
PENUTUP
Dari uraian materi di atas dapat ditarik sebuah garis besar bahwa :
- Media pendingin maunpun media pemanas dapat berupa senyawa alam ataupun senyawa sintetis yang dibuat untuk menggantikan senyawa alam.
- Dalam pemilihan media pendingin dan media pemanas harus mempertimbangkan sifat-sifat internal dari fluida dan sifat-sifat eksternal lainnya yang berkaitan, seperti viskositas, densitas, kapasitas panas, entalpi sampai dengan biaya yang harus dikeluarkan dalam pemiliharaan maupun biaya tenaga.
- Ada beberapa fluida yang hanya berfungsi sebagai media pendingin saja, sebagai contoh calcium chloride, HFC 227, dan Trichloro ethylene.
- Ada beberapa fluida yang hanya berfungsi sebagai media pemanas saja, sebagai contoh Paratherm HR, Paratherm NF, Paratherm GLT, dan UCON.
- Namun ada juga fluida yang selain bisa berfungsi sebagai media pendingin, juga bisa berfungsi sebagai media pemanas, hal ini dikarenakan range-temperatur yang dimiliki fluida sangat luas. Sebagai contoh adalah, Paratherm MG, HITEC, dan U-TEC-TIC.

0 comments:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More