26.10.10

Media Pemanas dan Pendingin-bagian II

Senyawa Sintetis dan Senyawa Alam sebagai Media Transfer Panas

Senyawa sebagai media transfer panas dibagi menjadi dua jenis, yaitu senyawa sintetis dan senyawa alam. Contoh senyawa alam sebagai media transfer panas adalah glyceryl esters dari fatty acid yang diperoleh dari lemak dan minyak hewani memiliki konduktivitas panas yang kecil, yang mengisolasi tubuh dari kehilangan atau tambahan panas radikal.
Jumlah senyawa alam sebagai media transfer panas adalah terbatas, oleh karena itu perlu dibuat senyawa sintetis sebagai pengganti senyawa alam yang berfungsi sebagai media transfer panas. Pada pendesaian senyawa kimia baru penting untuk mempertimbangkan sifat kimia, sifat fisis, dan beberapa sifat khusus seperti nuclear, electricity, toxicological.

Media Transfer Panas
Fluida transfer panas dipisahkan kedalam sejumlah kelompok yang sesuai. Sesuai dengan definisi, fluida ada dalam tiga keadaan yang berbeda : vapor, liquid, atau gas. Karena setiap keadaan fisis mempunyi set sifat yang unik.
(Geiringer)

Media Pendingin
A. BRINES-CALCIUM CHLORIDE
1. Pendahuluan
Bertambahnya syarat pada temperatur rendah pada pendinginan dalam proses industri memudahkan perkembangan jumlah brine yang digunakan untuk tugas ini. Dalam terminologi pendinginan, brine adalah liquid yang didinginkan oleh refrigerant dan bersirkulasi sebagai fluida transfer panas.
Brine mungkin :
- Larutan aqueous dari garam anorganik seperti sodium chloride dan calcium chloride.
- Larutan aqueous dari garam organik seperti alkohol atau glycol. Dan juga larutan air pada berbagai konsentrasi, termasuk methanol-air, ethanol-air, ethylene glycol, dan propylene glycol.
- Hidrokarbon dan halokarbon terklorinasi atau terfluorinasi yang meliputi methylene chloride, trichloroethylene, dan R-11.
2. Brine Selection
Pemilihan dari brine tergantung pada faktor berikut :
- Safety
Berdasarkan tingkat toksisitas dan flammabilitas.
- Freezing point
Brine harus mempunyai freezing point cukup dibawah dari temperatur operasi sistem paling rendah.
- Cost
Spesific gravity dan specific heat dari brine akan mempengaruhi biaya tenaga pemompaan.
- Application
Penggunaan pokok dari brine penting untuk mengetahui apakah peralatan proses dipasang indoor atau outdoor, dan apakah sistem berdesain terbuka atau tertutup.
- Thermal performance
Sifat transfer panas dari brine yang bersirkulasi melalui unit evaporator pendinginan memainkan bagian penting dalam menentukan luas permukaan yang dibutuhkan dan hasil temperatur penguapan.
- Corrosiveness

0 comments:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More