1.12.10

Kolom Fraksionasi Industri

Distilasi fraksional secara luas digunakan pada industri proses kimia dimana sejumlah besar cairan didistilasi. Beberapa industri seperti petroleum, petroimia dan gas alam. Distilasi adalah salah satu proses paling umum dan proses pemisahan energi intensif. Distilasi industri secara umum digunakan pada kolom besar, silinder vertikal yang dikenal dengan menara distilasi atau kolom distilasi dengan diameter antara 65 - 6 m dan tingginya dari 6 m – 60 m atau lebih.
Menara distilasi industri biasanya dioperasikan pada keadaan steady state kontinyu. Kolom fraksionasi industri memisahkan arus umpan menjadi satu fraksi distilat dan satu fraksi bawah. Kolom fraksionasi industri mempunyai outlet pada jarak atas kolom sehingga kelipatan produk mempunyai range titik didih yang berbeda yang diambil dari arus umpan kolom destilasi multikomponen. Produk ringan dengan titik didih rendah keluar dari atas kolom dan produk berat dengan titik didih tinggi keluar dari bawah.

Kolom fraksionasi industri menggunakan refluks eksternal untuk mencapai pemisahan lebih baik dari produk. Refluks mengacu pada bagian dari produk cair terkondensasi yang dikembalikan ke bagian atas dari kolom fraksionasi. Pada bagian dalam kolom, aliran ke bawah refluks cairan memberikan pendinginan dan kondensasi uap ke atas yang meningkatkan efisiensi menara distilasi. Desain dan operasi kolom fraksionasi tergantung komposisi umpan dan komposisi produk yang diinginkan. Pada industri, bahan isian digunakan pada kolom dibandingkan tray, terutama ketika dibutuhkan pressure drop rendah melewati kolom, atau ketika operasi vakum. Bahan isian dapat disusun acak seperti Raschig ring. Cairan cenderung membasahi permukaan bahan isian dan uap melewati permukaan basah ini, dimana kemudian terjadi transfer massa. Bentuk bahan isian berbeda memiliki luar permukaan dan tempat kosong yang berbeda. Kedua faktor ini memiliki efek pada kerja bahan isian.
http://en.wikipedia.org/wiki/Fractionating_column

0 comments:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More