2.12.10

BAB III UTILITAS - PERTAMINA

Fasilitas utilitas yang ada di kilang berfungsi untuk menunjang operasi kilang dalam memasok kebutuhan-kebutuhan seperti listrik, steam, cooling water, gas N2, fuel gas system dan lain sebagainya.Utilitas kilang terdiri dari beberapa unit, yaitu:
3.1. Penyediaan Air
3.1.1. Water Intake Facility
Water Intake Facility berlokasi di desa Salam Darma, Kecamatan Compreng Kabupaten Subang 65 km dari Refinery EXOR I Balongan. Air sungai diambil dari buangan Proyek Jatiluhur pada saluran utama sebelah Timur (Timur Main Canal). Apabila kanal dalam perbaikan, maka air sungai diambil dari sungai Cipunegara.
3.1.2. Unit Demineralized Water
Water treatment bertujuan memperlakukan atau melunakkan (menjernihkan) air dari sumber air yang sesuai dengan apa yang diperlukan untuk sesuatu maksud. Sumber air tersebut dapat diambil dari surface water (air sungai, laut) dan ground water (mata air, air sumur).
Unit demineralisasi bertujuan untuk memenuhi air yang sesuai dengan persyaratan-persyaratan boiler feed water.

Demin Plant terdiri dari dua train dengan flow rate 230 m3/h/train. Yang diinstalasi out doors, tanpa atap dan di area yang tidak berbahaya.
Pola operasi:
• Demineralization Plant beroperasi secara kontinyu.
• Masing-masing train akan beroperasi normal dengan dipindah secara bergantian selama satu train atau saat regenerasi.
• Air buangan regenerasi yang mengandung asam dan basa serta air pembilas dari masing-masing resin dibuang melalui bak penetral (untuk dinetralisasi).
• Backwash water dari Activated Carbon Filters akan dialirkan ke Clean Drain.
• Selama operasi normal, operator akan tinggal di Utility Control Room dekat dengan lokasi sehingga dapat mengadakan inspeksi ke lokasi secara periodik.
3.1.3. Water Raw dan Portable Water
Raw Water ditransfer dari Raw Water Intake Facilities (Salam Darma) melalui pipa dan ditampung di tangki Raw Water. Raw Water ini digunakan juga sebagai service water yang pemakainya adalah:
• Make-up untuk Fire Water
• Make-up untuk Cooling Water
• Make-up untuk Demineralized Water
• Make-up untuk Potable Water
• House Station
• Pendingin untuk pompa di offsite
Service water sebelum masuk ke Potable Water Tank, disteril terlebih dahulu dengan gas Chlorine yang selanjutnya dipompakan ke pemakai. Air yang sudah disteril dinamakan DW.
3.1.4. Unit Sistem Air Pendingin (Cooling Water)
Unit ini berfungsi untuk mensuplai air pendingin ke unit-unit proses, fasilities utilities, ancilaries dan fasilitas offsite.
Bagian-bagiannya:
1. Menara pendingin (Cooling Water Tower).
2. Pompa air pendingin (Cooling Water Pump) sebanyak 5 normal, 1 stand by kapasitas @ 7000 m3/hr pada tekanan 4,5 kg/cm2g.
3. Side Stream Filter dengan kapasitas 220 m3/hr.
4. Side Filter/ Start Up Pompa Cooling Water dengan kapasitas 660 m3/hr.
Langkah Proses:
Menara dirancang untuk mendinginkan air dari temperatur 45,5OC ke 33oC dengan wet bulb temperatur 29,1oC pada tipe counter flow. Menara terdiri dari 10 cell dan 10 draft fan beserta masing-masing motornya dan dua buah header supply utama untuk pendistribusian ke onsite dan utility area.
Fasilitas pengolahan air digabung dengan menara pendingin yang dilengkapi injeksi gas chlorine, inhibitor korosi dan dispersant. Untuk menjaga mutu air, sebagian air diolah di side stream filter. Pada bagian header supply ke area utility, dilengkapi dengan on-line conductivity analizer untuk memonitor mutu dari air pendingin.
3.2. Penyediaan Uap Boiler
Boiler dirancang untuk memasok kebutuhan steam pada proses yang terdiri dari steam drum, downcomers, water wall tube, superheater dan bank tube. Boiler tersebut dirancang khusus selain untuk berfungsi memindahkan panas, juga dirancang untuk memudahkan pengoperasian dan perawatannya.
Peralatan-peralatan penunjang pada boiler antara lain: safety valve, dua unit penggerak steam turbin, economizer, instrumentasi dan local boiler control (LCP), analizer, water level gauge, dsb.
3.3. Penyediaan Tenaga Listrik
Kilang minyak PT. PERTAMINA (Persero) RU - VI Balongan didesain dengan kapasitas pengolahan 125000 BPSD. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, listriknya disediakan/diperoleh dari PLTU terdiri dari 4 unit Steam Turbin Generator (STG).
Masing-masing turbin memiliki kapasitas 27500 KVA/22000 KW, sehingga total kapasitas terpasang sebesar 4 X 22000 KW = 88000 KW.
Selain dari 4 unit steam turbin generator di atas yang merupakan unit-unit utama dalam sistem pembangkit tenaga listrik, PT. PERTAMINA (Persero) RU - VI Balongan dilengkapi juga dengan pusat listrik tenaga diesel (PLTD) berupa satu unit Diesel Engine Generator Set dengan kapasitas sebesar 1 X 3600 KW.
3.4. Penyediaan Udara Tekan
3.4.1. Unit Nitrogen Plant
Instalasi N2 terdiri dari dua train (train A dan train B). Masing-masing train dilengkapi dengan satu tanki produksi dan satu unit penguap N2 cair.
3.4.2. Kompresor
Kebutuhan udara tekan di tiap unit disuplai oleh kompresor yang berada di masing-masing unit.

2 comments:

We supply finned tube, maybe you interest. learn more information from our website

http://www.lordfintube.com/product.asp

ini untuk sumbernya dari mana ya min?

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More