28.11.10

Pengeringan Beku Makanan

Proses pengeringan beku pertama kali diterapkan pada produk makanan setelah perang dunia I dengan tujuan membekukan dan menyimpan makanan tanpa membutuhkan pendinginan. Kopi adalah produk makanan pengeringan beku pertama yang diproduksi, tapi sekarang sayuran, buah, daging, ikan, produk susu dan bumbu makanan dapat dengan sukses dikeringkan beku.
Pengeringan beku makanan menggunakan proses lifilisasi menjadi suhu produk yang lebih rendah untuk dibekukan, dan kemudian tekanan vakum tinggi diterapkan untuk mengekstrak air dalam bentuk uap. Uap dikumpulkan pada kondenser, kembali menjadi es dan dibuang. Akhirnya, suhu secara bertahap naik mengekstrak seluruh sisa air dari produk. Proses ini menjaga struktur fisik dari produk makanan dan mengawetkannya untuk rehidrasi sesudahnya.

Keuntungan Pengeringan Beku Makanan
Dengan pengeringan beku, bahan makanan, dan cairan dapat dikeringkan ada suhu yang rendah tanpa merusak struktur fisik mereka. Bahan makanan yang dikeringkan beku tidak perlu pendinginan atau pengawetan dengan bahan kimia dan dapat dikembalikan kembali dengan cepat dan mudah dengan menambahkan air.
Metode pengeringan konvensional mempunyai kekurangan utama ketika menggunakan suhu tinggi dapat menyebabkan perubahan fisika ataupun kimia. Merubah rasa atau tekstur produk makanan dapat membuatnya tidak dapat dimakan atau kurang enak dimana akan sangat tidak diinginkan.
Jenis makanan yang cocok untuk pengeringan beku adalah kopi, buah dan jus, sayuran, daging, ikan dan makanan laut, telur, susu.
Beberapa makanan dapat dikeringbekukan dengan baik, tapi tidak semua makanan cocok untuk dikeringbekukan. Buah-buahan berukuran kecil dan sayuran dapat dengan mudah dikeringbekukan, sedangkan buah utuh dan sayuran berukuran besar tidak sesuai, walaupun dapat dikeringbekukan jika dipotong menjadi bagian-bagian yang kecil lebih dulu. Hal ini juga berlaku untuk daging; potongan kecil daging dapat dikeringbekukan dengan baik, tapi potongan tipis daging yang lebih besar perlu dipotong menjadi lebih kecil. Daging dan makanan laut juga membutuhkan pemasakan sebelum pengeringan beku. Untuk beberapa makanan pengeringan beku tidak efektif dari segi biaya.
http://www.cuddonfreezedry.com/freeze-drying-food.html

0 comments:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More