16.10.11

Industri Parfum

INDUSTRI PARFUM

Jenis usaha                  :
Pembuatan parfum dari minyak atsiri
Proses produksi                       :
Strategi perusahaan     :
1.      Mencari bahan baku yang mudah didapat dan tersedia banyak di Indonesia misal minyak atsiri.
2.      Selain parfum beraroma bunga, juga akan diproduksi parfum beraroma buah (pada umumnya parfum beraroma bunga)
3.      Harganya lebih terjangkau untuk kalangan menengah ke bawah karena diproses sendiri di Indonesia. Sehingga memiliki aroma seperti parfum mahal tapi memiliki harga yang lebih murah.
4.      Selalu melakukan inovasi-inovasi aroma parfum sehingga customer tidak jenuh dengan aroma yang itu-itu saja
5.      Kemasan parfum dibuat lebih eye-catching karena sasaran utama produk ini adalah remaja
6.      Melakukan promosi produk. Promosi produk baru dilakukan dengan : customer yang telah membeli produk sebelumnya dapat menukarkan kemasan bekas parfum untuk mendapatkan potongan harga ketika membeli produk parfum terbaru.
7.      Menggunakan bahan yang reuseable dan recycleable untuk kemasan.
Orientasi usaha berdasar teknologi atau pasar :
            Orientasi usaha berdasarkan pasar yaitu berusaha membuat parfum beraroma seperti parfum mahal tapi berharga murah dengan teknologi ramah lingkungan.
Exit and Entrance Starategy
            Masuk Cepat-Keluar Cepat. Perusahaan masuk industri saat produk dalam tahap pengenalan pada saat mencapai tingkat kematangan produk mulai ditinggalkan. Tidak diperlukan pengupgradean jumlah barang dan produksi. Sehingga, perusahaan mengeluarkan produk dengan inovasi baru secara kontinyu.
Segmen yang diambil
            Lebih memfokuskan penjualan pada kalangan menengah ke bawah khususnya pada remaja. Pada masa sekarang ini, remaja lebih mementingkan atau perhatian dengan penampilannya. Salah satu cara yang digunakan untuk meningkatkan penampilan dan menambah rasa percaya diri adalah dengan menggunakan parfum (segmen lifestyle).

Alat Persaingan yang Akan Digunakan          :
1.      Membuat barang berharga murah dengan kualitas bagus
2.      Melakukan kegiatan promosi setiap 6 bulan 1 kali. Kegiatan promosi meliputi :
a.       Pembukaan open gallery sehingga customer bias meracik parfum dengan komposisi yang diinginkannya.
b.      Promosi penukaran kemasan lama untuk mendapatkan potongan harga ketika membeli produk baru.
3.      Selain membuka outlet di kota-kota besar juga membuka official website yang bisa diakses dimanapun dan memiliki distributor untuk kota-kota kecil lainnya.
Perencanaan Sumber Daya (Bahan Baku)
1.      Jenis bahan baku yang dibutuhkan :
a.       Minyak atsiri
b.      Alkohol
2.      Jumlah bahan baku yang dibutuhkan :
3.      Cara memperoleh bahan baku :
a.       Minyak atsiri diperoleh dari petani minyak atsiri
b.       
4.      Tata cara pengadaan agar tersedia dalam jumlah yang dibutuhkan dan tepat waktu :
Membuat kontrak dengan petani minyak atsiri dalam jangka waktu tertentu dimana kontrak dapat diperpanjang.
5.      Jadwal Pemesanan
Perencanaan Alat dan Mesin
Perencanaan Sumber Daya Manusia
1.      Dewan direksi
2.      Manajemen Keuangan
3.      Manajemen SDM
4.      Manajemen Pemasaran
5.      Manajemen R & D
6.      Distributor
7.      Pekerja pabrik dan operator
8.      Staf Administrasi
9.      Keamanan / Safety
10.  Transportasi
11.  Customer Service
12.  Staf Penjualan

0 comments:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More